Relevansi Konsep Pemikiran Tafsir Kontemporer Muhammad Abduh dengan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.20241/g1vn1h25Keywords:
Muhammad Abduh, Pendidikan Islam, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pemikiran pendidikan Muhammad Abduh dengan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis tokoh melalui aspek biografi, bibliografis, dan hermeneutika. Data diperoleh dari jurnal, artikel, buku, dan karya ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abduh yang menekankan fleksibilitas, kemandirian, integrasi ilmu agama dan ilmu modern, serta pengembangan moral dan akhlak, selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada kebebasan belajar, diferensiasi, dan penguatan karakter. Konsep pembelajaran Abduh yang mengutamakan rasionalitas, metode diskusi, dan pemahaman kritis juga sejalan dengan pendekatan Kurikulum Merdeka. Integrasi pemikiran Abduh dalam Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memperkuat sistem pendidikan Indonesia agar lebih adaptif, inklusif, serta berbasis nilai-nilai keislaman, sehingga mampu mencetak peserta didik yang unggul secara akademik dan berkarakter kuat dalam menghadapi tantangan global
Downloads
References
Agustin, S. M., Alwizar, & E.Hulawa, D. (2024). perbandingan Konse Pendidikan Islam Prespektif M. Abduh dan KH. Ahmad Dahlan. Jrnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(6), 305–310.
Al-Farizi, M. Y., M.Makbul, & Fahruddin, R. (2021). Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Abduh. Bacaka:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 39–52. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i2.49
Alam, B., Vioday, M., Sutikno, & PS, A. M. B. K. (2024). Studi Pemikiran Muhammad Abduh dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan di Indonesia. Global Islamika: Jurnal Studi Dan Pemikiran Islam, 2(2), 40–52. https://doi.org/10.5281/zenodo.10615083
Arwen, D., & Kurniyati, E. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i1.1492
Habsy, B. A., Hidayah, M. W. N., Syandana, N. A., & Anggraini, S. (2024). Perkembangan Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(1), 123–130. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23921
Hariadi, R. (2021). Konsep Modernisme Pendidikan Islam dalam Tafsir Al-Manar. Isntitut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta.
Hidayatulloh. (2016). Realasi Ilmu Pengetahuan Dan Agama. Proceedings of The ICECRS, 1(1), 901–908. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.627
Idris, S. H., Muqowim, M., & Fauzi, M. (2023). Kurikulum Merdeka Perspektif Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Literasiologi, 9(2), 88–98. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i2.472
Kemendikbudristek. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi Nomor 032/H/KR/2024 (Issue 021).
Khoirurrijal, M. F., Karim, A. R., Arifuddin, & Fikri, I. F. (2023). Refleksi Pemikiran Muhammad Abduh dalam Pembaruan Pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 334–349. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i4.14337
Komaruzaman. (2017). Studi Pemikiran Muhammad Abduh dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan di Indonesia. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(01), 90–101.
Marjuqi, A. I., Suprianto, N., & Syarifudin, A. (2023). Relevansi Pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Tarbiyah MU, 3(1–14), 765.
Mustakim, S. (2016). Relevansi Pemikiran Muhammad Abduh Terhadap Sistem Pendidikan Di Pesantren. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 1(1), 63. https://doi.org/10.28944/dirosat.v1i1.9
Mustaqim, A. (2016). Model Penelitian Tokoh (Dalam Teori dan Aplikasi). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 15(2), 201–218. https://doi.org/10.14421/qh.2014.15201
Ningsih, N. N., & Sartika, L. (2023). TARBIYAH: Jurnal ilmu pendidikan dan pengajaran karakteristik kurikulum merdeka belajar. TARBIYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 204–210.
Prasetya, J. (2019). Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh Serta Implikasinya Terhadap Islam Modern. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 439–465. https://doi.org/10.15408/kordinat.v18i2.11499
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal, 10(1), 80–90. https://doi.org/10.62870/jtppm.v10i1.21407
Rawi, H. W., Adliya, S., Ainun, N., Harahap, N., Akmalia, R., Lubis, S. P., & Rachman, S. (2023). Peralihan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka pada siswa Sma melalui inovasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 5969–5976. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/16093/12352
Ricky Satria Wiranata. (2019). Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammad Abduh dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Era Kontemporer (Kajian Filosofis Historis). AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 113–133. https://doi.org/10.54396/alfahim.v1i1.53
Rohman, F. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Jurnal Raudhah, 4(01), 86–96. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/63
Siregar, I., Mukhtar, Anwar, K., MY, M., & Munte, R. S. (2024). Isu-Isu Global Pegembangan Kurikulum Merdeka dan Pemagangan Life Skill World Class Education. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 12887–12895.
Subaidi, Mardiyah, & El-Yunusi, M. Y. M. (2022). Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam Abu Hamid Al-Ghazali dan Muhammad Abduh Tentang Moral Peserta Didik. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–23. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 979–988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903.
Wantini, W., & Rahmawati, F. (2022). Pendidikan Islam Interdisipliner. In J. H. Wijaya (Ed.), The Journal Publishing.
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.