Strategi Dakwah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Melalui Wirausaha

Authors

  • Husnul Khatimah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Author
  • Khairanni Artamevia Bay Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Author
  • Rosniati Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Author
  • Balqist Marhamah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah Author

DOI:

https://doi.org/10.20241/7ytxvy26

Keywords:

Dakwah, Strategi, Wirausaha

Abstract

Melihat kondisi umat Islam di zaman sekarang cukup banyak dari mereka yang sudah mau untuk memulai berbisnis dan bahkan tidak sedikit dari para pengusaha yang sukses dan berhasil menjalankan bisnisnya, akan tetapi mereka belum bisa memahami hakikat dari berbisnis yang sedang mereka jalankan. Dari sinilah munculnya ide-ide pokok untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat saat ini, tujuannya yaitu untuk memperbaiki pola pikir dan sistem berwirausaha seseorang agar sesuai dengan apa yang dicontohkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, agar kiranya usaha tersebut bukan hanya diraih untuk keuntungan pribadi semata akan tetapi diniatkan juga untuk menyebarkan ajaran agama di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi (kombinasi), yang lebih menekankan pada pemecahan masalah yang ada di dunia nyata.. Hasil studi menunjukkan bahwa minimnya perhatian umat Islam terhadap wirausahanya baik hal itu dalam upaya pengembangan bisnis, mengelola keuangan, agar semua itu dapat bernilai dakwah bagi para pelanggan karena bisa berpotensi untuk kehilangan pasar mereka. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya pelatihan dan motivasi bagi para entrepreneur dan semua itu perlu proses belajar serta adaptasi yang cukup supaya bisa terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, L. (2022). Konsep Dakwah dalam Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(3), 1–23.

Adzkiya’, U. (2017). Etika Bisnis dalam Islam (Analisis Terhadap Aspek Moralitas Pelaku Bisnis). Jurnal: Iqtisad Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 4(1), 1–10.

Afif, M. (2016). Kewirausahaan ditinjau dari perspektif Islam. Rasail, 3(1), 55–72.

Alamsyah, A. (2017). Kritik Sosial (Dalam Perspektif Dakwah). Jurnal Jurnalisa, 3(1), 76–90. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3071

Albab, U., Maula, R., Amufid, A. R., & S, M. S. (2018). Perjalanan Bisnis Rasulullah Sebagai Dasar Etika Bisnis Islam. As-Salam I, VII(2), 247–262. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Ali Basyah, N., Razak, A., & Zulfadhli. (2020). Metode Kualitatif Dalam Riset Bisnis : Satu Tinjauan. Economica Didactica, 2(1), 1–9.

Alim, A. (2016). Tafsir Tematik Ekonomi Syariah (Rahmawati (ed.); Pertama). UIKA Press.

Anafarhanah, S. (2015). Peran Ekonomi Islam dalam Dakwah Nabi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/alhadharah.v14i28.1230

Andriani, N. (2021). Etika Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam. Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat, 19(1), 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alhikmah.v19i01.40

Antariksa, W. F. (2017). Penerapan Manajemen Strategi Dalam Dakwah Nabi Muhammad Saw. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 2(1). https://doi.org/10.18860/jmpi.v2i1.4357

Aprilia, Nathalia, D. G., Anggraini, R., & Djasuli, M. (2022). Penerapan Prinsip Transparansi Pada Kegiatan Perdagangan Ditinjau Dari Sifat Amanah Nabi Muhammad. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (JEBS), 2(3), 806–812.

Ariyadi. (2018). Business in Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13–26.

Aziz, F. A. (2017). Manajemen Kewirausahaan Sebagai Media Dakwah. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, III(2), 25–40. https://doi.org/10.24090/ej.v3i2.2015.pp25-40

Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440

Farihah, I. (2014). Strategi Dakwah Di Tengah. ADDIN, 8(2), 295–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/addin.v8i2.599

Fauzia, I. Y. (2014). Etika Bisnis Islam (Cetakan Ke). Prenada.

Fauzia, I. Y. (2019). Islamic Entrepreneurship Kewirausahaan Berbasis Pemberdayaan (I). Rajawali Pers.

Gusriani, R. Y., & Faulidi, H. (2017). Dakwah dalam Bisnis dan Enterpreneur Nabi Muhammad SAW. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 11(21), 17–24. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v11i21.1783

Hardiati, N. (2021). Etika Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pelaku Usaha Sukses dalam Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 513–518. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1862

Hariki, W. Z., Isty, M. A., & Farhan, N. (2024). Menerapkan Pentingnya Nilai-Nilai Kejujuran Didalam Berbisnis: Studi Analisis Q.S Al-Muthaffifin 1-3 Berdasarkan Tafsir Al-Mishbah. Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(1), 86–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51900/ias.v7i1.22699

Hartanto, S. (2016). Manajemen Ala Rasulullah dalam Perspektif Entrepreneurs. Jurnal Intelegensia, 04(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/intelegensia.v6i1.1354

Heriyansyah, H. (2018). Perjalanan Bisnis Nabi Muhammad S.A.W. Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 190–205. https://doi.org/10.30868/ad.v2i02.356

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 - SINDIMAS 2019, 300–304.

Jalil, A. (2014). Teologi Wirausaha. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 203. https://doi.org/10.15642/islamica.2012.6.2.203-214

Juhanis. (2013). Wirausaha, kejujuran, Muhammad, manejmen. Sulesana, 8(1), 38–47.

Kemenag RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019 (1st ed.). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Khatimah, H., Fadhillah, A. N., Rahayu, A., & Maualana, A. H. (2024). Wirausaha Sebagai Wasilah Dakwah Islam dalam. QULUBANA Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 56–77. https://doi.org/10.54396/qlb.v5i1.1179

Khatimah, H., Nuradi, N., & Alim, A. (2024). Konsep Jual Beli dalam Islam dan Implementasinya pada Marketplace. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 43–57. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i1.12352

Khatimah, H., & Rahayu, A. (2023). Urgensi Kewirausahaan dalam Dakwah Islam. QULUBANA Jurnal Manajemen Dakwah, 4(1), 33–50. https://doi.org/10.54396/qlb.v4i1.972

Kholifah, N. (2021). Sifat-sifat Rasulullah yang Dijadikan Pedoman Dalam Berdagang yang Halal. Jurnal Al-Tsaman, 3(2), 29–34. https://doi.org/https://doi.org/10.62097/al-tsaman.v3i2.656

M Romli, A. S. (2013). Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis. In www.romeltea.com.

Masruroh, S. A., & Malayati, R. M. (2021). Dakwah Era Society 5.0 (Analisis Model Dakwah Ust. Hanan Attaki, Gus Miftah Dan Gus Baha’ Pada Media Sosial Youtube). SAINSTEKNOPAK Ke-5 LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG 2021, 5, 1–6.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3 (Edition 3,). Sage Publications.

Misbahuddin, M. (2016). Aktualisasi dakwah di era globalisasi (dalam menegakkan syariat Islam). Jurnal Dakwah Tabligh, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/jdt.v17i1.6072

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Ed. Revisi; Cet. 36 (Ed. Revisi). Remaja Rosdakarya.

Mukhlas, A. A. (2020). Manajemen Bisnis Rasulullah. Jurnal Al-Iqtishod, 8(1), 46–52. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i1.87

Mulyani, S., & Asnawi, N. (2022). Peran Strategis Kewirausahaan dalam Pembangunan (Tinjauan Pendekatan Ekonomi Islam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2958–296. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6776

Munir, M., & Ilahi, W. (2006). Manajemen Dakwah (Edition 1). Kencana.

Nurasykim, M. F. M. (2019). Strategi Rasulullah Dalam Pengembangan Dakwah Pada Periode Mekkah. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 108–125. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i1.7214

Nurmaidah, N. (2021). Strategi Dakwah Dan Pendidikan Nabi Muhammad Saw. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 1(1), 78–92. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.360

Ramli, A. (2022). Manajemen Strategi.

Ritonga, A. H. (2020). Sistem Interaksi Antar Unsur Dalam Sistem Dakwah dan Implikasinya Dalam Gerakan Dakwah Anas Habibi Ritonga.

Hikmah, 14(1), 87–102. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/hik.v14i1.2033

Rokhmiyati, S., & Rahmawati, L. (2024). Dakwah Bil Hal Melalui Kewirausahaan Sosial pada Era Globalisasi PADA ERA GLOBALISASI (Studi Kasus di Bassmart Yayasan Hati Beriman Salatiga). Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 129–141. https://doi.org/10.24235/orasi.v15i1.17261

Salman. (2015). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(1), 145–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v5i1.302

Shobir, L. M. (2017). Tasawuf Enterpreneurship: Membangun Etika Kewirausahaan Berbasis Prophetic Intelligence. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2). https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.417-432

Sinta Kasim, Muh. Nasir Hamzah, Amiruddin Kadir, & Muhammad Wahyuddin Abdullah. (2024). Resilience of Micro, Small, and Medium Enterprises Based on Islamic Entrepreneurship. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 211–232. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v13i1.2333

Sitepu, N. I. (2016). Perilaku Bisnis Muhammad SAW Sebagai Entrepreneur Dalam Filsafat Ekonomi Islam. Human Falah, 3(1), 18–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/hf.v3i1.154

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahrul, H. (2012). Marketing Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Hukum Diktum, 10(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v10i2.270

Wahyuningsih, G., Janah, F. N., & Roy Purwanto, M. (2020). Berbisnis Berdasrkan Perilaku Rasulullah Saw. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(1), 314–324. https://doi.org/10.20885/tullab.vol2.iss1.art9

Wazin. (2013). Pengkarakteran Wirausaha Muslim. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.32678/ijei.v4i1.10

Wignyo, S., Karina, R., & M.R. Barhmana. (2017). Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Metode Competitive Positioning Analysis Pada Pt Surya Polyplas Utama. Agora, 5(1), 1–7.

Wijayanti, R. (2018). Membangun Entrepreneurship Islami dalam Perspektif Hadits. Cakrawala, 13(1), 35. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v13i1.2030

Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasullah Muhammad SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 95–100.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.

Published

2025-02-20

How to Cite

Strategi Dakwah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Melalui Wirausaha. (2025). Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal, 2(1), 85-98. https://doi.org/10.20241/7ytxvy26