Ruang Lingkup Manajemen Lembaga Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Ismail Hannanong STAI Al Gazali Barru Author
  • Muh Ilham Nur Haslin STAI Al Gazali Barru Author

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Administrasi

Abstract

Lembaga pendidikan Islam mengalami peningkatan kuantitas dari tahun ke tahun, menciptakan peluang untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan. Namun, dalam konteks pendidikan Islam, terdapat kontroversi dalam penggunaan istilah manajemen atau administrasi. Pentingnya manajemen pendidikan dalam konteks sekolah sebagai sistem yang melibatkan berbagai komponen dan kegiatan menunjukkan peran krusialnya. Tulisan ini membahas ruang lingkup Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dengan metodologi literatur review.Ruang lingkup manajemen lembaga pendidikan Islam mencakup wilayah kerja yang melibatkan tingkat nasional hingga tingkat kelas, serta objek garapan seperti peserta didik, personel, kurikulum, sarana-prasarana, biaya, tata laksana, organisasi, dan hubungan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan literatur review dengan data diperoleh dari sumber kredibel seperti buku dan jurnal. Tujuan dari tulisan ini adalah mendalami pemahaman dalam bidang ilmu manajemen pendidikan, dengan fokus pada pengelolaan pendidikan.Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa manajemen pendidikan Islam melibatkan aspek pengelolaan peserta didik, personel, kurikulum, sarana-prasarana, biaya, tata laksana, organisasi, dan hubungan masyarakat. Penjelasan lebih lanjut mengenai ruang lingkup tersebut diberikan melalui sudut pandang wilayah kerja, objek garapan, fungsi atau urutan kegiatan, dan pelaksana. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam mengenai manajemen lembaga pendidikan Islam sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-02-24

How to Cite

Ruang Lingkup Manajemen Lembaga Pendidikan Agama Islam. (2024). Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal, 1(1), 17-25. https://journal.stai-barru.ac.id/index.php/al-kalam/article/view/6