Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Pembentukan Sarjana yang Holistik di STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.20241/6tetmx23

Keywords:

Internalisasi, Nilai-Nilai Islam, Sarjana Holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh internalisasi nilai-nilai Islam (X) terhadap terbentuknya sarjana yang holistik (Y) di STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Internalisasi nilai-nilai Islam diasumsikan sebagai faktor yang signifikan dalam membentuk lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berorientasi pada nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian diambil dari mahasiswa aktif di STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mengukur tingkat internalisasi nilai-nilai Islam dan aspek-aspek keholistikan lulusan. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji hubungan antara variabel X dan Y. Hasil analisis menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan signifikan (koefisien korelasi Spearman = 0,906), meskipun tidak linier. Indikator Refleksi Diri pada variabel X mendapat skor tertinggi (7,75), sementara Praktik Ibadah memperoleh skor terendah (6,56), menandakan bahwa pemahaman nilai-nilai Islam baik, namun praktik ibadah perlu ditingkatkan. Pada variabel Y, Dimensi Sosial mendapat skor tertinggi (7,84), sementara Dimensi Intelektual terendah (6,56), yang menunjukkan perlunya penguatan aspek intelektual. Instrumen penelitian valid dan reliabel (Cronbach’s Alpha = 0,959). Penelitian ini menyarankan peningkatan praktik ibadah, penguatan dimensi intelektual, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, Hayadi, B. H., Yusuf, A. Y., Masubaitillah, & Nurwaningsih, I. (2024). Menghadapi Tantangan Perubahan dalam Sistem Pendidikan Indonesia dalam Pendekatan Strategis Dan Alat Intervensi Yang Efektif. Technical and Vacational Education International Journal, 4(1). https://doi.org/10.55642/taveij.v4i1.647

Hanifah, U. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1972

Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Hidayah, U. (2023). Islamisasi Integrasi Interkoneksi Ilmu Pengetahuan dan Agama: Model Keilmuan di Perguruan Tinggi Islam. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2). https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.897.

Khadavi, M. J. (2023). Spiritual Mental Development Concept and the Implications for Students. Halaqa: Islamic Education Journal, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.21070/halaqa.v7i1.1624

Lubis, M. I., Husti, I., & Mustofa, B. (2023). Implementasi Konsep Integrasi Islam dan Sains UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 15. https://doi.org/10.31958/atjpi.v4i1.8605

Nurdiana, E. E. P., Gucci, Y. C., Rachmat, A. P., & Safitri, D. (2020). Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Pendatang. Jurnal Komunikasi Global, 9(2), 266–281. https://doi.org/10.24815/jkg.v9i2.17359

Nurhayati, R., Nur, T., P, S., Adillah, N., Agustina, & Urva, M. (2024). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 1–7. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3131

Pambudi, R., Budiman, A., Rahayu, A. W., Sukanto, A. N. R., & Hendrayani, Y. (2023). Dampak Etika Siber Jejaring Sosial Pada Pembentukan Karakter Pada Generasi Z. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 289–300. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.262

Pardede, F. P. (2022). Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Islam Berbasis Multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/11268/8858.

Salahuddin, M. (2017). Model Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia. Ulumuna, 18(1), 121–138. https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.155

Sholeh, M. I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Program Anti-Bullying di Lembaga Pendidikan Islam. ALMANAR: Jurnal Fakultas Agama Islam, 1(2). https://journal.unusida.ac.id/index.php/almanar/article/view/987.

Tanis, H. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1212. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3564

Utomo, E., & Rizqa, M. (2022). Merdeka Belajar dan Pendekatan Holistik: Pendidikan Islam yang Terintegrasi. 5.

Warisno, A. (2022). Konsep Mutu Pembelajaran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/.

Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Journal on Education, 5(4), 12401–12411. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2223

Zaidatul Inayah, Amalia, R., & Kurniawan, W. (2024). Menavigasi Tantangan dan Krisis: Masa Kini dan Masa Depan Pendidikan Islam pada Abad 21. Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 161–187. https://doi.org/10.62448/ajpi.v1i2.81

Published

2025-02-19

How to Cite

Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Pembentukan Sarjana yang Holistik di STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang. (2025). Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal, 2(1), 14-23. https://doi.org/10.20241/6tetmx23