Metode Pendidikan Hati Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan Urgensinya dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Nuri Atika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.20241/d18ttw06

Keywords:

Metode Pendidikan Hati, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Ibnu Qayyim tentang metode pendidikan hati dan urgensinya dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan hati yang ditawarkan Ibnu Qayyim meliputi menjaga kekuatan mental dan menghindari hal-hal yang memperburuk penyakit hati. Beberapa cara yang disarankan antara lain: mentauhidkan Allah, membaca Al-Qur’an, berdoa, muhasabah, menjauhi maksiat, berdzikir, dan beristighfar. Pentingnya pendidikan hati dalam Islam sangat ditekankan, karena hati yang tidak sehat akan berdampak buruk pada perilaku seseorang. Oleh karena itu, menjaga keimanan menjadi kunci untuk mendapatkan hati yang sehat dan terlindung dari godaan setan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditia, B. E. (2019). Pendidikan Anak Perspektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36835/edukais.2019.3.1.1-12

Ahmad, J. (2018). Muhasabah Sebagai Upaya Mencapai Kesehatan Mental. Islamic Studies, December, 1–16.

Ansori, A. (2020). Kepribadian dan Emosi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(1), 41–54. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn

As-Shidqi, M. H., & Naan. (2022). Peranan Ajaran Tasawuf Sebagai Psikoterapidalam Mengatasi Penyakit Hati. Living Islam: Journal of Islamic Discourses , 5(2), 196.

Basofi, M. H. (2017). Hakikat Doa. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.51498/putih.v2i1.45

Cholik, A. M., & Sofa, M. L. (2022). Penyakit Hati Dan Obatnya Dalam Al-Qur’Ân Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. Hikami : Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.59622/jiat.v2i2.47

Darmiah, D. (2023). Penanaman Nilai Akhlak Pada Anak Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 13(1), 22. https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.18098

Dwi Pratiwi. (2021). Penyakit Hati dan Terapinya dalam Al-Qur’an Perpektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyah. UIN Raden Intan Lampung.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fadlilah, S. N. (2010). Penyakit Rohani dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Studi Al-Qur`an, 6(1), 47–58.

Fitri, F., & Arifin, A. zaenal. (2022). MAKNA QOLBUN SALIM DALAM AL-QUR’AN (Kajian Tahlili QS. Asy-Syu’ara Ayat 88-89 dan QS. As-Saffat Ayat 83-84 dalam Tafsir Ruh Al-Ma’ani Karya Al-Alusi). Al Muhafidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 179–192. https://doi.org/10.57163/almuhafidz.v2i1.37

Hafizzullah. (2018). Metode Penafsiran Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyyah. Ulunnuha, 7(1), 67–78.

Ikhsan, M., & Iskandar, A. (2022). Musibah dalam Perspektif Al-Qur’an. Studia Quranika, 6(2), 183. https://doi.org/10.21111/studiquran.v6i2.5794

Kifli, Z. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 65–71. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1805

Maturidi, M. (2020). Zikir Sebagai Terapi Penyakit Hati Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling Islam. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.6954

Milya Sari. Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.

Nasikin, M., & Iskandar, I. (2021). Hati Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), 62–73. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.10

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 8(2), 177–1828. http://fisip.untirta.ac.id/teguh/?p=16/

Qamar, S., Thulfitrah B, N., Ahmad, L. O. I., & Abubakar, A. (2023). Hidup Sehat Bersama Al-Quran (Telaah Tematik Ayat-ayat tentang Kesehatan). AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 7(1), 65. https://doi.org/10.29240/alquds.v7i1.4797

Rochman, K. L. (2009). Terapi Penyakit Hati Menurut Ibn Taimiyah Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 195–221. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i2.123

Saepudin, D. M., Solahudin, M., & Khairani, I. F. S. R. (2007). Iman Dan Amal Saleh Dalam Alquran (Studi Kajian Semantik). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v2i1.1805

Sahri, I. K. (2018). Pendidikan Dalam Pandangan Al-Ghazali. Tarbawi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v1i1.2972

Syifa Azkiatun Najah. (2020). Pendidikan Hati Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Skripsi tidak diterbitkan. Program studi pendidikan agama islam, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Published

2024-09-28

How to Cite

Metode Pendidikan Hati Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dan Urgensinya dalam Pendidikan Islam. (2024). Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal, 1(2), 12-22. https://doi.org/10.20241/d18ttw06