Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Quantum Teaching pada Mapel Akidah Akhlak di MTsN 2 Pekalongan

Authors

  • Lulu Azizah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Author
  • Arditya Prayogi UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Author https://orcid.org/0000-0002-3126-2412
  • Nadia Faradhillah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan Author
  • Riki Nasrullah Universitas Negeri Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.20241/5ecney53

Abstract

Penerapan suatu metode pembelajaran yang tepat, dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran dengan lebih baik lagi. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memberikan deskripsi bagaimana metode quantum teaching diimplementasikan dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak pada kelas VII di MTsN 2 Pekalongan beserta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam implementasinya. Artikel ini disusun dengan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil telaah didapatkan gambaran bahwasanya metode quantum teaching diimplementasikan dalam tiga tahapan yaitu  perencanaan, peaksanaan, dan evaluasi. Ketiga tahapan ini dilakukan oleh guru berdasar kerangka dasar quantum teaching yaitu TANDUR yang berarti tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Dalam implementasikan hal yang menjadi faktor pendukung antara lain kemampuan guru, tersedianya sarana dan prasarana, serta adanya keaktifan peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain keterbatasan kompetensi guru, keterbatasan waktu, serta lingkungan belajar yang tidak mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-28

How to Cite

Implementasi Pembelajaran Berbasis Metode Quantum Teaching pada Mapel Akidah Akhlak di MTsN 2 Pekalongan. (2024). Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal, 1(2), 1-11. https://doi.org/10.20241/5ecney53